Berita

Peretemuan Sosialisasi Perdes Tentang PHBS di Desa Sukarara
Image 3

Peretemuan Sosialisasi Perdes Tentang PHBS di Desa Sukarara

Desa sukarara merupakan salah satu desa wilayah kerja UPT BLUD puskesmas Puyung.

Desa sukarara mempunyai 12 posyandu, 1 pustu dan 1 polindes untuk menunjang kegiatan bidang kesehatan dan mengukur tingkat keberhasilanya , maka Pemdes dan BPD desa sukarara bersama Transform dan Plan internasional mengadakan sosialisasi perdes (peraturan desa) tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat ).

dibuatnya perdes ini untuk menunjang keberadan Desa Sukarara sebagai desa wisata budaya, karena desa sukarara sebagai destinasi sentra pengerajin Tenun Songket Lombok sehingga dianggap perlu untuk membuat suatu perdes tentang PHBS ini.

Dalam sosilaisasi itu hadir tokoh agama,toko masyarakat,kader, tenaga kesehatan di sesa, perwakilan perempuan TP.PKK Desa, puskesmas puyung, Plan Internasional, Transform dan peserta lainnya.

Dalam sosilaisasi ini membahas Draf Perdes, didalam pembahasan banyak sekali masukan dan saran darii peserta sosialisasi untuk perbaikan perdes didalam perdes banyak memuat tentang sanksi yang diberikan dan terdapat 10 indikator PHBS yang di Perdeskan adalah :

1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan

2. Memberikan ASI ekslusif

3. Menimbang bayi & balita setiap bulan

4. Menggunakan air bersih

5. Mencuci tangan dengan air bersih dengan sabun

6. Menggunakan jamban sehat

7. Memberantas jentik dirumah

8.  Makan buah & sayaur

9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari

10. Tidak merokok

Dari semua indikator tersebut, diberikan dan diatur dalam perdes wajib dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat desa sukarara, jika melanggar ada sanksi dan denda serta hukuman adat bagi yang melanggar.


Related Posts: